Mengisi Waktu Luang Selama Puasa

2:03 PM


Sebagai umat Islam, berpuasa di bulan Ramadhan sangatlah diwajibkan. Selama puasa kita tidak makan dan minum selama kurang lebih 12 jam. Hal ini menyebabkan tubuh kita kekurangan cairan, makanya di tengah-tengah menjalankan ibadah puasa biasanya tubuh kita merasa cepat letih dan mudah sekali mengantuk.

Eits, tapi puasa enggak bisa dijadikan alasan untuk bermalas-malasan, nih! Ada banyak aktivitas yang bisa kita lakukan selama puasa, lho. Melakukan aktivitas selama puasa bandingkan hanya bermalas-malasan, itu sangat merugikan diri sendiri. Berikut ini aktivitas yang menyenangkan dilakukan selama bulan Ramadhan.

Jujur deh, semakin dewasa, komunikasi kita sama orangtua biasanya semakin berkurang. Hal ini sebenarnya wajar, karena semakin dewasanya diri kita, tanggung jawab pun bertambah. Pastinya kita mulai disibukan dengan berbagai aktivitas. Makanya, selagi masih tinggal sama orangtua, luangkan sedikit waktu untuk menghabiskan quality time dengan mereka. Setidaknya pada saat weekend, kita bisa menghabiskan waktu bersama mereka.
Cooking time!!! Ini saat yang tepat bagi yang mau belajar masak bersama chef di rumah. Siapa lagi kalau bukan si "mama". Selain belajar masak sama si mama, kita juga bisa membantu mama dalam memasak. Inget ya hanya membantu, jangan ikutan makan, kan lagi puasa, hehe. Belajar masaknya yang simple aja dulu, misalnya membuat cemilan atau minuman untuk berbuka.


Dewasa ini teknologi makin berkembang dan maju, memudahkan segala pekerjaan kita. Eits, tapi jangan asal ya dalam menggunakannya. Jangan sampai kita termasuk orang-orang yang salah menggunakan pesatnya perkembangan teknologi ini. Salah satu teknologi yang berkembang dengan pesatnya, yaitu yang selalu kita bawa kemana saja dan bisa dibilang "tanpa teknologi itu, hari-hari bakalan membosankan". Yup smartphone!!!! Hampir setiap tahunnya teknologi pada smartphone diperbarui untuk memuaskan si penggunanya. Nah, bagi yang memiliki hobi di bidang photografi, sekarang ini aplikasi edit foto sudah banyak tersedia di smartphone, bahkan ada yang berbayar sampai gerettonggg. Ini dia aplikasi edit foto seru untuk smartphone Android: PhotoWonder, Love Photo Frames, Picsay, Pic Bubbles, dan masih banyak lagi.
Saatnya membuka kembali hasil jepretan foto, baik itu foto bareng temen, diri sendiri, gebetan, pacar, orangtua, keluarga, pemandangan, makanan, atau yang lainnya. Dengan berbagai program editing yang seru, kita bisa mengasa kreativitas. Coba deh menggunakan aplikasi editing photo, baik itu di smartphone atau di laptop.
Lebaran memang masih lama, tetapi apa salahnya kalau kita mulai mempersiapkannya. Baju baru dan kue lebaran bukan saja yang mesti kita persiapkan. Jangan lupa kartu lebaran digital yang bakal nantinya kamu sebarkan untuk teman-teman sosmed (social media). Biar spesial, kita bisa buat sendiri lho, dengan menggabungkan gambar-gambar yang kita inginkan di Photoshop atau aplikasi editing photo lainnya.

Peneliti dari Cleveland Clinic, Amerika Serikat, membuktikan kalau mendengarkan musik bisa meredakan gejala depresi atau stres hingga 25%. Mendengarkan musik ceria selama 1 (satu) jam juga bisa mengurangi rasa sakit sebanyak 20%. 
Pastinya, kita punya koleksi lagu-lagu favorite masing-masing yang menemani kita setiap saat dan momen. Yuk, kita bikin daftar lagu seru untuk berbagai suasana. Misalnya bikin playlist untuk menemani perjalanan kita ke sekolah/kampus, saat kita sedang membuat tugas, atau saat kita menjelang tidur. Hal ini akan membuat diri kita menjalankan aktivitas tersebut dengan semangat.
Eits, tapi ingat ya, segala sesuatu yang berlebihan tidaklah dianjurkan karena nilai manfaatnya akan hilang. Jadi, ketika kita ingin mendengarkan lagu jangan sampai mengganggu aktivitas orang lain. Atau misalnya sedang azan atau orang lain sedang melakukan ibadah, hendaknya dihentikan sejenak. 

Berdasarkan artikel yang pernah aku baca nih, terlalu banyak duduk terbukti bisa meningkatkan risiko kanker payudara dan kanker usus, karena kurang aktifnya tubuh menyebabkan kelainan pada pertumbuhan sel yang jadi penyebab kanker. Maka dari itu, yuk kita manfaatkan sore hari dengan beraktivitas di luar rumah! Salah satunya dengan berolahraga kecil dengan cara yang menyenangkan bahkan bisa membuat diri kita jadi lebih sehat dalam menjalankan ibadah puasa ini, lho.
Main sepeda di sekeliling komplek sore hari sambil beli jajan buat buka puasa atau takjil bareng teman, salah satunya olahraga kecil yang bisa kita lakukan disaat puasa. Kita juga bisa bermain badminton, yoga, atau olahraga kecil lainnya. Eits, tapi karena ini sedang puasa, lakukan olahraganya jangan sampai batal puasa yach!

Dengan proyek DIY ini, kita jadi enggak perlu membeli keperluan sekolah yang baru. Yah setidaknya kita jadi bisa menghemat uang jajan untuk nonton konser atau keperluan lainnya. 
Saatnya, kita bereksperimen mengabungkan imajinasi dan kreativitas. Bagi pemula, pilihlah barang yang mudah untuk dibuat. Kita hanya perlu mencari tahu bahan dan keperluan apa saja yang dibutuhkan serta cara membuatnya untuk memulai DIY melalui internet. Jangan lupa untuk mengajak teman selama melakukan proyek agar lebih menyenangkan.


Oke deh, itu dia tadi aktivitas untuk mengisi waktu luang selama puasa, bagi teman-teman yang punya kegiatan lain, silahkan beri komentar dibawah, karena aku juga ingin tahu dan siapa tahu aku juga tertarik untuk melakukannya! 

You Might Also Like

0 komentar

Komentar