Solusiku Mengatasi Jerawat

5:57 PM


Jerawat adalah musuh untuk setiap orang terutamanya cewek. Ya gimana enggak kemunculannya yang mengganggu membuat tampilan kita kurang maksimal. Muncul satu jerawat aja udah sangat menganggu apalagi kalau merajarela di wajah kita, pasti kita memikirkan segala cara untuk menghilangkan jerawat dan membuatnya tidak datang kembali ke wajah kita. Segala cara itu juga mulai dari cara-cara yang simple sampai yang beribet pun dilakukan. Ada juga yang sengaja datang ketempat para ahli seperti dokter spesialis kulit di klinik perawatan kecantikan. Dari berbagai usaha yang ditempuh tidak semua orang berhasil menemukan jalan keluar untuk masalah jerawat pada wajah mereka.

Aku dulu juga berjerawat yang bisa dibilang parah, karena bentuk yang besar-besar dan memerah. Aku juga termasuk salah satu orang yang datang ketempat para ahli seperti dokter spesialis kulit, tetapi ternyata itu bukan solusi yang tepat untuk masalah kulit wajahku yang berjerawat. Hal tersebut membuatku putus asa dan sampai akhirnya aku sudah "masa bodo" dengan jerawat yang bermunculan diwajahku.

Sudah beberapa produk yang aku pakai untuk mengatasi masalah jerawatku mulai dari harga terjangkau sampai harga bikin nangis kalau ternyata bukan mengurangi jerawat yang bermunculan tapi malah beranakpinak. Begitu juga dengan dokter spesialis kulit yang aku datangi. Sampai akhirnya aku menyadari sesuatu setelah menemukan facial wash yang sangat membantu masalah jerawatku (click here for the article).

Dari sekian banyak hasil aku membaca artikel dan juga review (blogger khususnya) mengenai jerawat dan seputar skincare routine, ternyata jerawat itu sendiri muncul dari kebiasaan careless kita setelah melakukan kegiatan seharian. Aku ambil contohnya aja seperti jenis kulit wajahku yang oily banget ini dan kegiatan aku yang terpapar sinar matahari dan debu. Tadinya aku mikir setelah menemukan facial wash yang cocok denganku, aku merasa sudah cukup dan berasa bersyukur banget karena bisa mengatasi minyak berlebih dan jerawat. Ternyata pemikiran itu kurang tepat. Kurang tepatnya kenapa? Balik lagi ke aktivitas kita yang masih bersentuhan langsung dengan sinar matahari dan debu, kulit wajah kita memerlukan adanya proteksi  sinar UV dari matahari, karena kalau tidak muka kita akan terlihat kusam dan muncul bintik-bintik hitam.

Untuk melindungi kulit wajah dari sinar UV dan debu, aku hanya memerlukan 3 (tiga) langkah saja yang sangat mudah untuk kalian coba di rumah.

  1. Bersihkan/cuci muka 2x sehari di pagi hari sebelum beraktivitas dan di malam hari setelah beraktivitas. Hindari mencuci muka berlebihan dalam sehari karena dapat membuat kulit wajah kasar dan kering. Untuk pemilihan produk, pilihlah yang sesuai dengan jenis kulit wajah. Untuk kulit berjerawat coba sebisa mungkin untuk menghindari produk yang mengandung alcohol dan parfum atau setidaknya memiliki kandungan yang rendah. Pada saat mencuci muka, tuangkan cairan facial wash secukupnya (jangan berlebih) lalu gosok-gosok dengan kedua tangan sampai berbusa atau setidaknya blended dengan tangan, barulah diaplikasikan pada wajah. Dan dilarang menggosok wajah dengan kasar karena bisa menyebabkan kemerahan bahkan iritasi. Setelah bilas sampai bersih dan keringkan dengan menggunakan tisu lebih baik daripada handuk (menurut aku nih) karena tisu hanya digunakan sekali pakai jadi kemungkinan tidak ada bakteri yang mengendap.
  2. Kalau wajah kalian tidak berjerawat bisa langsung skip langkah ini. Berikut ini menggunakan treatment khusus. Pilihlah produk yang mengandung benzoyl peroxide karena dari sekian artikel yang aku baca, kandung tersebut bisa dibilang ampuh dalam mengatasi jerawat. Coba sebisa mungkin untuk menghindari produk yang mengandung alcohol dan parfum atau setidaknya memiliki kandungan yang rendah. Sebelum menggunakan produk tersebut pada wajah pastikan baca aturan pakai. Kalau aku sarankan untuk menggunakannya 2x sehari di pagi hari sebelum beraktivitas untuk mencegah jerawat semakin meradang dan di malam hari setelah beraktivitas untuk menenangkan jerawat. Sebelum melanjutkan langkah berikutnya, setelah pemakaian treatment ada baiknya untuk membiarkan untuk mengering/menyerap sendiri sekurang-kurangnya 3-5 menit. Nah satu yang paling penting kalau sedang muka berjerawat, KURANGI MENYENTUH LANGSUNG MUKA YANG SEDANG BERJERAWAT! 
  3. Nah yang terakhir ini penting untuk yang langkah kedua, yaitu menggunakan pelembap/moisturizer, karena kandungan benzoyl peroxide ini dapat membuat kulit wajah kering, maka dari itu memerlukan adanya pelembap. Untuk jenis kulit wajah normal, pengaplikasian pada wajah secukupnya agar tidak menjadi oily dan bisa memilih pelembap dengan tekstur lotion atau cream. Untuk jenis kulit wajah kering, pengaplikasikan pada wajah secukupnya dan disarankan untuk memilih pelembap dengan tekstur cream karena penyerapannya akan lebih optimal. Untuk jenis kulit wajah berminyak dan berjerawat, pengaplikasian pada wajah secukupnya dan kalau bisa tipis saja karena kalau berlebih bisa menambah oily bahkan menyumbat pori-pori sehingga menimbulkan jerawat. Untuk pemilihan produk disarankan yang bertekstur lotion karena penyerapannya lebih cepat sehingga tidak mengendap. Sebisa mungkin untuk menghindari produk yang mengandung alcohol dan parfum atau setidaknya memiliki kandungan yang rendah. Kalau aku menyarankan menggunakan moisturizer 2x sehari di pagi hari sebelum beraktivitas untuk melindungi kulit dan di malam hari setelah beraktivitas untuk regenerasi kulit. Kalau lebih prefer untuk sedikit membedakan moisturizer aku pakai sesuai dengan aktivitas. Jadi, Untuk beraktivitas di pagi hari atau aktivitas yang akan berpaparan dengan sinar matahari dan debu, aku memilih moisturizer yang mengandung SPF yang dapat melindungi dari sinar UVA/UVB. Sedangkan untuk di malam hari atau aku hanya beraktivitas seharian di dalam rumah, aku lebih memilih moisturizer yang ringan tanpa kandungan SPF. Tapi ini terserah kalian sih, pokoknya kalau beraktivitas diluar rumah selain menggunakan pelembap jangan lupa juga untuk menggunakan sunprotector/sunblock untuk mencegah sunburn. Setelah pemakaian moisturizer diamkan kira-kira 3-5 menit agar penyerapannya optimal sebelum menggunakan makeup (misalnya).
Nah, itulah 3 (tiga) langkah yang aku lakukan sampai sekarang dan alhamdulillah untuk diriku sendiri cukup membantu. Memang jerawatku belum sepenuhnya musnah, masih ada beberapa di spot-spot seperti di pipi, hehe tapi kalau dibandingkan dengan sebelumnya, sekarang ini sudah jauh lebih baik. 

Sekian dulu kali ini, semoga dapat membantu mengatasi jerawatnya, dan aku mohon maaf sebelumnya kalau aku ada kesalahan mohon dikoreksi, karena aku bukan expert dibidang jerawat dan aku hanya share pengalaman semoga bisa jadi referensi kalian dalam fight acne!!

You Might Also Like

0 komentar

Komentar